logo
Senin, 23 Dec 2019 | 17:07

Manfaat B30 Yang Dihadirkan Pertamina

Penulis : Auto17 - Fotografer : dok Pertamina
img1

Hari ini implementasi program biodiesel 30% (B30) diresmikan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo di SPBU COCO Pertamina MT Haryono Jakarta.

B30 bahan bakar biosolar yang dihadirkan Pertamina dengan kandungan 30% Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau minyak nabati dari kelapa sawit dan pertama di dunia.

Penerapan B30 sangat bermanfaat. Ramah lingkungan pasti.

"Banyak sekali manfaat dari implementasi program biodisel ini yaitu pengurangan emisi gas rumah kaca sangat baik untuk lingkungan. Biosolar B30 juga meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan yang otomatis menurunkan penggunaan energi berbasis fosil,"  ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyati. 

Lebih lanjut Direktur Utama Pertamina Nicke Widyati mengungkapkan. “Penggunaan biosolar B30 ini juga akan meningkatkan performa mesin. FAME yang bersifat detergency akan mampu membersihkan mesin kendaraan maupun mesin industri ini lebih baik. B30 juga meningkatkan penggunaan produk dalam negeri karena menjaga keberlangsungan industri sawit dalam negeri sebagai penyedia bahan baku dan produsen FAME serta meningkatkan kesejahteraan petani sawit,” katanya.

Biosolar B30 merupakan bahan bakar ramah lingkungan karena emisi gas buang dengan tingkat pencemaran  rendah tanpa mengurangi performa kendaraan.

Penerapan B30 menghemat devisa sebesar Rp 63 triliun yang berarti membantu meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pengurangan volume impor solar. 

Uji coba program B30 sudah dilakukan sejak November 2019 di delapan titik pencampuran (Terminal BBM dan kilang Pertamina). TBBM Medan Sumatera Utara, Kilang Plaju Sumatera Selatan, TBBM Panjang Lampung, TBBM Plumpang DKI Jakarta, TBBM Balikpapan Kalimantan Timur, TBBM Rewulu Yogjakarta, TBBM Boyolali Jawa Tengah, Kilang Kasim Papua.

Selama dua tahun belakangan, Pertamina juga dinilai mampu menjalankan mandatori B20 dan kilangnya juga mampu.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1