logo
Rabu, 08 Jan 2020 | 13:15

Libur Natal Dan Tahun Baru Konsumsi Gasoline Di SPBU Sepanjang Tol Di Jatim Naik 59%

Penulis : Auto17 - Fotografer : dok Pertamina
img1

Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di Jawa Timur meningkat 3% selama periode Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru). Lonjakan terjadi di SPBU sepanjang jalan tol Ngawi hingga Malang dan Probolinggo. Kenaikan hingga 59%. 

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyatakan bahwa konsumsi rata-rata Gasoline di Jatim mencapai 14.080 KL/hari. Konsumsi tersebut naik sebesar 3% dari rata-rata normal harian yang berada di angka 13.640 KL/hari. “Kenaikan tertinggi pada jenis Pertalite dan Pertamax, yang mencapai 5%,” tambah Rustam.

Sedang produk Gasoil (Solar, Dexlite serta Pertamina Dex) mengalami penurunan sebesar 12% dari rata-rata normal harian. Menurunnya konsumsi Gasoil iini salah satu penyebabnya berkurangnya operasional kendaraan besar seperti truk dan angkutan barang.

“Namun untuk konsumsi Dexlite justru naik 5%, begitu pula Pertamina Dex yang secara kumulatif yang naik tipis 1% dari normal,” jelas Rustam.

Tersambungnya tol dari Jakarta hingga ke Probolinggo membuka opsi bagi masyarakat untuk menggunakan jalur darat ketika hendak berlibur ke wilayah Jawa Timur, seperti Malang, Banyuwangi, bahkan hingga Bali. Akses tol sepanjang kurang lebih 840 Km tersebut menjadi faktor pemudik dan masyarakat yang hendak berlibur ke Jawa Timur dan Bali untuk menggunakan transportasi pribadi.

Pertamina mencatat, dengan adanya faktor tol Trans Jawa yang sudah beroperasi membuat SPBU-SPBU yang berada di jalan tol tersebut mengalami peningkatan penjualan.

“Di kedua jalur tol tersebut yang membentang di wilayah Jawa Timur, Pertamina mencatat kenaikan Gasoline sebesar 59% dan Gasoil sebesar 10%,” tambah Rustam.

Peningkatan tertinggi terjadi pada jenis-jenis bahan bakar khusus, seperti Pertalite yang naik 72%, Pertamax naik 82%, Pertamax Turbo naik32%, Dexlite naik 56%, dan Pertamina Dex yang naik 42%.

Daerah wisata seperti Kota Wisata Batu dan Banyuwangi mencatat kenaikan konsumsi gasoline masing-masing sebesar 125% dan 158%. “Trend-nya sama, kenaikan tertinggi adalah pada jenis-jenis bahan bakar non-subsidi. Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas dan lebih ramah lingkungan sudah semakin baik,” jelas Rustam.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1