logo
Kamis, 16 Jul 2020 | 08:00

SPBU PSBB Di Surabaya Dongkrak Transaksi Non Tunai

Penulis : Auto17 - Fotografer : dok Pertamina
img1

Sejak 1 Juli 2020 Pertamina melakukan uji coba transaksi nontunai di seluruh SPBU di wilayah Surabaya, atau dikenal SPBU PSBB (Pemberlakuan Surabaya Ber-nontunai Bersama). SPBU PSBB ini via aplikasi My Pertamina dengan jalur khusus ‘red carpet’ 

Program SPBU PSBB ini mendapat respon positif. Dalam dua minggu pada fase pertama, transaksi nontunai menjadi sekitar 8.100 transaksi per hari. Bahkan pada 9 Juli lalu, total transaksi non-tunai di SPBU se-Kota Surabaya mencapai lebih dari 9.800 transaksi.  

Transaksi ini meningkat lebih dari lima kali lipat dari traksaksi perhari di bulan Juni 2020 atau sebelum SPBU PSBB dijalankan. Transaksi nontunai di Kota Surabaya rata-rata di bulan Juni 2020 hanya sekitar 1.500 transaksi per hari.

“Peningkatan transaksi nontunai sebesar 440 persen, atau menjadi lima kali lipat lebih itu menjadi indikasi bahwa konsumen SPBU di Surabaya sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru, tentunya hal tersebut untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya,” kata Rustam Aji, Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR V, pada Selasa, 14 Juli 2020.

Program SPBU PSBB ini dilaksanakan sebagai salah satu implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19 di Kota Surabaya, yang menyebutkan agar transaksi jual beli dilakukan secara nontunai.

Selain itu, Pertamina juga ikut mendukung program Bank Indonesia yakni Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT). “Karena pembayaran secara nontunai atau cashless terbukti sebagai metode transaksi keuangan yang praktis, aman, dan efisien,” tambah Rustam.

Dengan meningkatnya transaksi cashless ini, Pertamina berharap dapat memberikan kemudahan akan bertransaksi di SPBU bagi para pelanggan setia dari produk Pertamina.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1