logo
Jumat, 24 Aug 2018 | 13:17

Uji Praktek SIM Di Satpas Colombo Satlantas Polrestabes Surabaya Canggih Dan Modern

Penulis : Auto17
img1

 

Gebrakan dilakukan Satlantas Polrestabes Surabaya pada uji praktek untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk motor atau R2. Ujian SIM yang dilakukan berbasis digital.

Ini dipaparkan dalam launching Program Monitoring Uji Praktek SIM Berbasis Digital Dan Penyerahan Bantuan Kendaraan R2 Praktek di Satpas Colombo Surabaya pada Jumat 24 Agustus 2018. “Program ujian SIM untuk R2 berbasis digital ini dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di bidang penerbitan SIM secara profesional, transparan dan akuntabel,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.

Setiap pemohon pembuatan SIM untuk kendaraan R2 atau SIM C untuk ujian praktek di Satpas Colombo Surabaya sudah berbasis digital. Penilaian dan lulus tidaknya dalam ujian praktek ini melalui sistem digital.

Pemohon SIM C yang uji praktek seperti biasanya harus mengikuti beberapa materi ujian praktek. Ada uji pengereman, menghindari ritangan, zig-zag, slalom dan putar balik.

“Uji praktek yang ada ini akan menguji skill para pemohon SIM kendaraan R2. Sehinggga nantinya ketika dinyatakan lulus dan mendapat SIM, benar-benar memiliki skill dalam mengendalikan motor dan bisa selamat sampai ditujuan,” kata Kombes Pol Rudi Setiawan. 

Di tiap materi uji SIM ini, di pinggir lintasan ditempatkan beberapa cone. Cone ini ada sensor yang langsung terhubung pada sistem penilaian dan layar LCD yang dipantau langsung oleh petugas penguji praktek SIM.

Ketika pemohon SIM dalam praktek dengan motor lancar alias tidak menyentuh cone dan tidak keluar lintaasan, maka akan lulus. Sebaliknya bila pemohon saat praktek menyentuh cone, maka nilai awal yang diberikan sebesar 100 otomatis akan berkurang sesuai dengan banyaknya sentuhan ke cone.

“Maksimal hanya boleh menyentuh cone 2 kali. Lebih dari itu langsung gagal atau tidak lulus uji praktek SIM ini,” kata Bripka Satria bagian regident Satpas Colombo Polrestabes Surabaya yang saat launching bertugas memantau para pemohon uji SIM dari layar LCD yang terhubung ke sensor-sensor di cone lintasan praktek SIM.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1