logo
Kamis, 19 Apr 2018 | 11:29
Bersihkan Karburator atau Throttle Body

Jurus Praktis Bersihkan Karburator Atau Throttle Body

Penulis : Auto17
img1

Jaman now, membersihkan karburator atau throttle body makin mudah. Tidak seperti dulu, bersihkannya harus bongkar karburator lalu dibersihkan kotoran atau kerak yang nempel.

Kini, jamannya mudah. Bersihkan throttle body atau karburator sekalian bisa ruang bakar praktis. Bisa memanfaatkan carbu cleaner atau injector cleaner.

Muzaki kepala bengkel AHASS Surya 2 Wlingi Blitar telah melakukannya. Membersihkan throttle body maupun karburator dan ruang bakar motor konsumen yang servis tune up berkala, carbu cleaner dipakai.

“Tiap kali servis berkala, secara Cuma-Cuma alias gratis kami semprotkan carbu cleaner untuk membersihkan throttle body maupun karburator dan ruang bakar. Jadi tanpa harus bongkar lagi. Cepat dan praktis,” ucap Muzaki.

Prosesnya, carbu cleaner dimasukkan lewat lubang saluran masuk udara yang ada di filter udara. Cover dan filter udara di lepas dari rumahnya. Bagian dalam boks filter dibersihkan.

“Semprotkan cairan carbu cleaner lewat lubang saluran masuk udara yang ada di filter udara agar bisa sampai ke tujuannya,” katanya.

Berapa kali semprot? “Biar merata dan luntur kotoran yang menempel, penyemprotan carbu cleaner dilakukan 3 kali semprotan,” ucapnya.

Ada lagi yang perlu diperhatikan. Proses penyemprotan ini carbu cleaner dilakukan ketika mesin motor bekerja. Pencet tombol penyemprot 3 kali. Ces... ces... ces... cairan carbu cleaner masuk ke karburator atau throttle bodi lalu juga merambah ke ruaang bakar.

 “Penyeprotan ketika mesin hidup ini bertujuan agar kotoran bisa langsung terbuang bersama dengan gas sisa. Tidak mengendap di ruang bakar,” katanya.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Article

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1

logo1

Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A
Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
logo1