Perawatan Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Masa Liburan

- 19 Mei 2021, 17:27 WIB
Perawatan mobil sederhana yang bisa dilakukan sendiri saat masa liburan
Perawatan mobil sederhana yang bisa dilakukan sendiri saat masa liburan /

Mencegah penyebaran kasus Covid-19, Pemerintah memberlakukan larangan mudik atau pulang kampung pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini 6-17 Mei 2021. Libur hari raya di rumah aja

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat menghabiskan waktu liburan di rumah saja. Diantaranya merawat kendaraan meski tidak dipakai mudik atau perjalanan jauh.

 Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal penting yang sederhana yang dapat dilakukan ketika merawat mobil sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel selama masa libur ini, yaitu: 

1. Rutin Membersihkan Mobil

Membersihkan eksterior maupun interior mobil tentu penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan saat berkendara. Rutin mencuci mobil minimal dua minggu sekali, mengeluarkan barang-barang yang sudah tidak, dan menjaga agar tidak ada sampah di dalam mobil adalah hal yang perlu diperhatikan agar mobil tetap bersih. Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat, serta hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

 

2. Rutin Memanaskan Mesin Mobil 

Meski tidak digunakan untuk berpergian jauh, mesin mobil perlu sesekali dipanaskan agar oli dapat bersikulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari, hanya perlu dipanaskan minimal dua hari sekali. Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit. 

 

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Sumber: Suzuki Indomobil Sales


Tags

Terkini

X