Tiga Bagian Motor Ini Penting Untuk Dirawat 

- 28 Mei 2021, 10:25 WIB
Perawatan motor penting untuk menjaga performanya
Perawatan motor penting untuk menjaga performanya /

Merawat motor penting dan wajib untuk menjaga performanya tetap prima. PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha Motor di Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Kalimantan ini memberikan informasi apa saja yang harus diperhatikan dan dirawat untuk motor

Instruktur servis Yamaha Jatim, Dwi Suwanto mengatakan, “Konsumen wajib tahu perawatan motor. Apa saja yang harus dirawat supaya motor bisa awet” katanya. 

Menurut Dwi Suwanto terdapat tiga komponen utama yang harus menjadi perhatian khusus demi menjaga motor dari kerusakan parah.

 

Perawatan Mesin

Pemilik kendaraan bermotor harus memperhatikan kesehatan mesin, mulai dari check oli menjadi hal kecil yang paling paling gampang dan utama. Oli menjadi komponen penting bagi motor, tanpa pelumas, mesin akan mudah berkarat dan menyebabkan motor cepat rusak. Konsumen harus menjadwalkan pergantian oli mulai dari 2000 km - 3000 km atau setiap 2 bulan sekali, ini pun masih tergantung saran dari mekanik berdasarkan pertimbangan aktual di lapangan. 

Selain oli, juga terdapat komponen penting untuk motor yaitu memperhatikan air radiator.  standar penggantian air radiator yaitu setiap satu tahun sekali. Airnya pun tidak diperkenankan menggunakan air biasa karena dikhawatirkan akan meninggalkan kerak, karena mudah menguap saat terkena panas mesin

Dwi Suwanto menyarankan untuk menggunakan cairan khusus air radiator, bagi pengguna motor Yamaha dapat menggunakan Yamaha coolen. Cara mengetahui air radiator habis atau belum dengan mengecek sendiri airnya di tangki recovery atau tangki penampung (Tangki Reservoir).

 

Halaman:

Editor: Kukuh Setyo W

Sumber: Yamaha Jatim


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X